KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Senandung Kebersamaan Dari Muara Badak

Salah seorang pemain dengan lincah menabuh Kendang Belik
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 06/12/04 17:21 WITA
Tetabuhan Kendang Belik yang menghentak-hentak seketika menghangatkan suasana malam di Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (04/12) malam.

Kesenian asli suku Sasak (Lombok, Nusa Tenggara Barat) yang dibawakan kelompok Sasak Etam dari Kecamatan Marang Kayu ini tampil mengawali Pagelaran Ragam Seni Budaya Daerah II Tahun 2004 yang dibuka Camat Muara Badak Rusmina SH MAP mewakili Bupati Kukar H Syaukani HR.

Selain kelompok kesenian dari suku Sasak, tampil pula kesenian dari suku Minang yang mempersembahkan Tari Piring, kelompok kesenian suku Madura yang mempersembahkan Hadrah dan suku Bugis dengan Tari Pa'pangempang. Kemudian suku Toraja tampil dengan menampilkan tari Pa'dao Bulan, suku Batak dengan persembahan tari Sibunga Jambu dan Hata Sopisik, serta suku Kutai dengan tari Jepen yang diiringi musik Tingkilan.


Penampilan Tari Pa'pangempang dari masyarakat Bugis di Muara Badak

Photo: Jaya


Para muda-mudi suku Toraja saat mempersembahkan Tari Pa'dao Bulan

Photo: Jaya

Semuanya tampil diatas satu panggung Pagelaran Ragam Seni dan Budaya Daerah yang diselenggarakan VICO Indonesia untuk kedua kalinya dengan tema "Senandung Kebersamaan Dari Muara Badak". Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 16 kelompok kesenian yang terdapat di Kecamatan Muara Badak dan Kecamatan Marang Kayu.

Menurut External Relation & Community Development Manager VICO Indonesia Surya Safari, kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya pada tahun 2002 dengan maksud untuk menjaga dan mengabadikan warisan nenek moyang khususnya melalui seni budaya.

Sementara Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Camat Muara Badak Rusmina mengatakan, masyarakat Muara Badak dan Kukar patut bangga terhadap kepedulian VICO Indonesia yang peduli terhadap seni budaya.

Menurut Bupati Kukar, hal ini patut didukung demi persatuan dan kesatuan diantara sesama warga Kukar dan Muara Badak khususnya. "Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, kita tidak dapat berbuat banyak. Untuk itu saya harap agar setiap suku atau etnis dapat mengembangkan seni budayanya masing-masing," demikian amanat Bupati H Syaukani HR seperti yang disampaikan Camat Rusmina.

Pada pertunjukan malam kedua (05/12), Pagelaran Ragam Seni Budaya Daerah II Tahun 2004 masih menampilkan kesenian dari berbagai suku/etnis, yakni Tari Perang dari suku Dayak Kenyah, Tari Maduppa Bossara dari suku Bugis, Tari Pusu Anjoro dari suku Mandar, Jaranan dari Jawa Timur, Padendang dari suku Bugis, Tari Remong dari Jawa Timur, Tari Paris Berantai dari suku Banjar dan Tari Hedung dari suku Flores. (win/jay/nop)


Kelompok kesenian Hadrah dari etnis Madura turut ambil dalam Pagelaran Ragam Seni Budaya Daerah II di Muara Badak
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.