KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Dusun Lekaq Kidau Dihijaukan dengan Pohon Rambutan dan Kelapa

Assisten III Ir HE Kosmartono MBA (dua dari kanan) ketika memberikan sambutannya pada pertemuan tadi malam di Batara Room, Hotel Singgasana Tangga Arung
Photo
: Agri

KutaiKartanegara.com 06/02/04 18:10 WITA
Para pemuda peserta program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada (PPIK) bersama masyarakat setempat melakukan penanaman 584 pohon rambutan di dusun Lekaq Kidau, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menyusul penanaman ratusan bibit pohon kelapa yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Demikian ungkap Kepala Dinas Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga (Dikluspora) Kukar Drs H Rusli Rachim pada pertemuan antara Pemkab Kukar yang diwakili Assisten III Ir HE Koesmartono MBA dengan Program Manajer Canada World Youth (CWY) Tammy Hoblak dan para pejabat Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (PLSP) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Kamis (05/02) malam, di Batara Room, Hotel Singgasana Tangga Arung.

"Kegiatan penanaman pohon rambutan ini menyusul kegiatan penanaman ratusan pohon kelapa hibrida yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya. Dinas Pertanian Kukar yang mendukung kegiatan ini telah mengirimkan ratusan bibit pohon rambutan ke Lekaq Kidau," ujar Drs H Rusli Rachim.


Suasana pertemuan pejabat Pemkab Kukar dengan pejabat Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah & Pemuda serta dari Canada World Youth
Photo
: Agri

Dalam kesempatan tersebut tadi malam, Tammy Hoblak dari Canada World Youth menjelaskan bahwa program PPIK di Indonesia tahun 2003/2004 ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari 20 pemuda Kanada dan 20 pemuda Indonesia. Kegiatan tahap pertama telah dilaksanakan tahun lalu selama 3 bulan di kota Fernie, British Columbia, Kanada.  Dan kegiatan tahap kedua yang saat ini tengah berjalan di Indonesia juga dilaksanakan selama 3 bulan.

Ditambahkan Tammy Hoblak, selama di Indonesia program ini dilaksanakan di dua kabupaten yakni Kutai Kartanegara dan Kutai Timur. Khusus di Kutai Kartanegara, program PPIK berlangsung selama 75 hari di dusun Lekaq Kidau dan selama 15 hari di Tenggarong dengan diikuti oleh 10 pemuda asal Kanada dan 10 pemuda dari beberapa provinsi di Indonesia.

"Selama di dusun Lekaq Kidau, kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah membangun dua buah fasilitas WC umum, bakti sosial, memperlajari seni budaya, mengajar bahasa Inggris serta penanaman pohon kelapa hibrida. Termasuk penanaman pohon rambutan yang akan dilaksanakan besok (hari ini-red)," ujar Tammy Hoblak.

Sementara itu, Assiten III Ir HE Koesmartono MBA yang bertindak mewakili Bupati Kukar menyambut positif program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada yang saat ini masih berlangsung di dusun Lekaq Kidau, sebuah dusun masyarakat suku Dayak Kenyah yang kini tengah dipersiapkan menjadi sebuah desa tersebut.

Ir HE Koesmartono MBA juga berharap agar para pemuda Indonesia-Kanada nantinya dapat mempromosikan potensi pariwisata Kutai Kartanegara sekembalinya mereka ke tempat asal masing-masing. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.