KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

Kegiatan Jumsih di Muara Badak, Kuburan Jadi Sasaran

Kesibukan warga ketika membersihkan Kuburan Muslimin di Desa Muara Badak Ulu

Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 03/07/04 22:12 WITA
Upaya Muspika Kecamatan Muara Badak untuk memerangi sampah dan menjadikan Muara Badak sebagai kota yang bersih semakin gencar saja. Hal ini terlihat dari Program Jumsih (Jum'at Bersih) yang dilaksanakan setiap hari Jum'at secara bergiliran di beberapa desa di wilayah kecamatan tersebut.

Program Jumsih yang digarap Muspika Muara Badak bekerjasama dengan perusa-haan migas VICO Indonesia ini tidak hanya untuk memerangi sampah produksi rumah tangga semata namun juga dengan menjaga kebersihan sarana dan prasarana umum.

Seperti halnya Kuburan Muslimin di desa Muara Badak Ulu yang menjadi sasaran kegiatan Jumsih kemarin (02/07) pagi. Sedikitnya 100 orang warga desa bahu-membahu bersama staf kecamatan, serta para personel Polsek dan Koramil Muara Badak untuk membersihkan pemakaman seluas 2 hektar tersebut yang tampak tak terawat dan telah ditumbuhi semak belukar.


Salah seorang staf Kecamatan Muara Badak yang turut terlibat dalam kegiatan Jumsih

Photo: VICO Indonesia / Bastian


Camat Muara Badak (kanan), Danramil Kapt Inf Basuki dan Kades Masykur B (tengah) saat membicarakan rencana pengelolaan kuburan tersebut
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Dikatakan Danramil Muara Badak Kapten Inf Basuki, kegiatan Jumsih ini merupakan suatu upaya untuk mengajak masyarakat agar mening-katkan budaya bersih di lingkungan masing-masing. "Karena kebersihan merupakan tanggung-jawab kita bersama," kata Kapt Inf Basuki.

Sementara itu, melihat kondisi Kuburan Muslimin yang tak terurus tersebut, Masykur B selaku Kepala Desa Muara Badak Ulu   menyarankan agar ditunjuk suatu kelompok untuk mengelola kuburan tersebut agar keberadaannya bisa terawat dengan baik, apalagi telah banyak warga yang menggunakan pemakaman ini.

"Selama ini yang mem-bersihkan secara sukarela adalah M Idrus dan Saharuddin. Kedua orang ini juga yang bertugas menggali kuburan jika ada warga yang akan dimakamkan disini," ujar Masykur B.

Menanggapi saran dari Kades Muara Badak Ulu tersebut, Rusmina SH selaku kepala wilayah Kecamatan Muara Badak mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan mengundang Kades terkait untuk membahas keberdaan kuburan tersebut.

"Kita akan mengupayakan agar bisa dikelola secara swadaya masyarakat, sehingga lokasi pemakaman ini nantinya bisa ditata lebih bagus dan biaya retribusi bisa dipergunakan untuk petugas yang merawat dan membersihkannya," ujar Camat Rusmina SH. (win)


Suasana kegiatan Jumsih di Kuburan Muslimin, desa  Muara Badak Ulu, Jumat (02/07) kemarin
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.