KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pipa-Pipa Aset VICO Indonesia Jadi Sasaran Pencuri

KutaiKartanegara.com 03/04/04 17:30 WITA
Aset perusahaan migas VICO Indonesia berupa pipa yang terdapat di sekitar sumur-sumur gas yang tersebar di lapangan Badak, Nilam, Semberah dan Mutiara ternyata menjadi sasaran empuk para pencuri. Selain pipa besi yang menjadi primadona penjarahan, "grating bar" yang dipergunakan untuk tangga di anjungan sumur gas juga tak luput dari sasaran pencurian.

Menurut Security Manager VICO Indonesia, Boedijanto, pihaknya bekerjasama dengan Polsekta Muara Badak secara rutin melakukan patroli bersama untuk menekan angka pencurian aset perusahaan migas tesebut.

Pada Januari 2004, misalnya, tim patroli gabungan berhasil membekuk dua pencuri pipa di di Sungai Balok, kawasan Handil D, Kecamatan Anggana. Dan yang paling gres tepatnya pada akhir Maret lalu, tim patroli gabungan Polsek Muara Badak dan Security VICO Indonesia kembali berhasil menangkap seorang pencuri yang kedapatan sedang menjarah pipa besi aset VICO Indonesia.

"Pelaku bernama Saman alias Lele Keroncong yang merupakan gembong pencuri spesialis pipa. Pelaku tertangkap basah ketika sedang memotong pipa berdiameter 6 inci di sekitar sumur gas Nilam 172 yang berada di Desa Saliki pada hari Selasa (30/03) lalu sekitar pukul 14.00 WITA," ujar Boedijanto seraya menjelaskan bahwa pipa yang berhasil dipotong oleh pelaku merupakan pipa blow down yang masih dipergunakan untuk mengetes tekanan gas.

Tanpa memberikan perlawanan pelaku berhasil diringkus dan selanjutnya diamankan di kantor Polsek Muara Badak beserta barang bukti berupa gergaji besi. Saat tertangkap pelaku juga membawa bekal untuk makan siang yang ditempatkan didalam rantang. Demikian kata Boedianto.

Sementara itu, Adolf Pangaribuan selaku Nilam Operation Manager menyatakan kegembiraannya atas keberhasilan penangkapan penjarah pipa tersebut baru-baru ini. Menurutnya, kerjasama dan koordinasi yang baik antara pihak berwenang dalam hal ini Polsek Muara Badak, Nilam Operation dan Security VICO Indonesia terbukti telah membuahkan hasil yang nyata.

Ditambahkan Adolf Pangaribuan, masalah pencurian pipa memang menjadi perhatian utama di lapangan produksi VICO Indonesia, disamping dapat mengganggu kelancaran produksi juga bisa berakibat fatal terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitarnya terutama jika pipa yang dicuri merupakan bagian dari jalur pipa aktif.

Kapolsek Muara Badak Iptu Pol Victor Yori Lomi ketika dimintai keterangannya membenarkan tertangkapnya pencuri kelas kakap yang memang sudah lama diincar oleh petugas tersebut.

"Saya harap dengan tertangkapnya gembong pencuri spesialis pipa ini dapat menjadi peringatan bagi pelaku lain untuk menghentikan kegiatan serupa yang dapat merugikan aset perusahaan maupun aset masyarakat," tegas Victor Yori Lomi. (win)


Tempat kejadian perkara di sumur gas Nilam # 172 (tanda panah) dan pipa "blow down" yang telah dipotong (inzet)
Photo: Security VICO Indonesia

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.