KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Jembatan Martadipura di Kota Bangun Rampung Tahun Ini



KutaiKartanegara.com
03/01/04 14:00 WITA
Jembatan Martadipura yang membentang diatas sungai Mahakam di wilayah Kecamatan Kota Bangun dipastikan rampung pada pertengahan tahun 2004 ini. Pembangunan fisik jembatan tersebut kini telah mencapai 80% dan menelan biaya Rp 105 milyar.

Menurut Pimpinan Proyek Jembatan Martadipura Herdianto Arifin, pembangunan jembatan tersebut telah dimulai sejak tahun 2001. "Mudah-mudahan Juni nanti sudah bisa selesai," kata Herdianto seperti dikutip dari harian Kaltim Post.

Dijelaskan Herdianto, pendanaan proyek jembatan ini seluruhnya berasal dari dana APBD Kutai Kartanegara (Kukar) sebesar Rp 105 miliar. Dana ini baru untuk konstruksi, belum termasuk untuk keperluan lainnya. Misalnya, untuk lampu penerangan serta fasilitas lainnya untuk melengkapi keberadaan jembatan tersebut.

Jembatan yang awalnya akan diberi nama Sri Bangun ini dibangun dengan konstruksi melengkung mirip jembatan yang ada di kota Sydney, Australia. Ditambahkan Herdianto, Jembatan Martadipura ini dikerjakan oleh kontraktor PT Hutama Karya dan akan menjadi jembatan pertama di Indonesia yang menggunakan konstruksi lengkung.

"Panjang keseluruhan jembatan ini mencapai 560 meter dengan bentang tengah mencapai 200 meter itu. Seluruhnya dikerjakan oleh tenaga lokal," demikian kata Herdianto.

Dengan beroperasinya Jembatan Martadipura maka isolasi transportasi darat di seluruh wilayah Kukar dapat teratasi, karena 5 kecamatan lainnya di Kukar akan terhubung dari Kota Bangun seperti Kecamatan Muara Muntai, Kecamatan Muara Wis, Kecamatan Kenohan, Kecamatan Kembang Janggut dan Kecamatan Tabang. (eff/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.