KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Laporan Haji 2004

Laporan Haji 2004
Jamaah Haji Kukar Selamat dari Tragedi Mina

Suasana pelontaran jumrah Aqabah yang merupakan salah satu rukun wajib haji. 244 jamaah tewas akibat desak-desakan diluar kendali saat hendak melontar, Minggu (01/02) kemarin

Photo: IslamGuiden.com

KutaiKartanegara.com 02/02/04 13:35 WITA
Jamaah haji asal Kutai Kartanegara (Kukar) dilaporkan selamat dari musibah yang menewaskan ratusan jamaah haji, Minggu (01/02) kemarin, akibat desak-desakan diluar kendali yang terjadi saat pelontaran jumrah Aqabah.

"Alhamdulillah, seluruh jamaah Kukar yang jumlahnya 619 orang dalam keadaan baik-baik saja dan telah melaksanakan pelontaran dengan lancar," ujar reporter KutaiKartanegara.com Johan A Hakim yang saat ini berada di tanah suci.

Dikatakan Johan A Hakim, dirinya bersama jamaah Kukar lainnya berangkat menuju pelontaran sekitar pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WITA) dan mereka sama sekali tidak mengetahui adanya peristiwa tragis tersebut saat itu.

"Kami berangkat dengan berjalan kaki menuju pelontaran sekitar pukul 10.00 waktu Arab Saudi. Situasi jalanan sangat padat, sehingga hampir satu jam kami baru tiba di lokasi," kata Johan A Hakim seraya menambahkan bahwa perkemahan mereka terletak sekitar 3 km dari tempat pelontaran.

Menurut Johan, saat di sekitar pelontaran mereka hanya sempat melihat beberapa orang jamaah yang sedang mendapat pertolongan di mobil ambulans tapi tidak mengetahui persis apakah mereka korban adalah akibat desak-desakan.

"Saya dan para jamaah lainnya yang kebetulan membawa ponsel malah baru tahu ada kejadian ini setelah dikontak keluarga masing-masing di tanah air yang mencemaskan kami setelah televisi-televisi Indonesia gencar memberitakan musibah ini," demikian ungkap Johan A Hakim.

39 Jamaah Tewas dari Indonesia
Sementara itu, dari 244 korban tewas akibat terjatuh dan terinjak-injak pada saat pelontaran kemarin, 39 diantaranya yang berhasil diidentifikasi merupakan jamaah Indonesia dari Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta. Dilaporkan detikcom, jumlah ini masih bisa bertambah karena ada beberapa jamaah yang belum dapat diidentifikasi.

Menurut Menteri Urusan Haji Kerajaan Arab Saudi Iyad Madani seperti yang dilansir harian Arab News, peristiwa desak-desakan yang memakan korban jiwa tersebut terjadi kemarin (01/02) pagi sekitar pukul 09.00 waktu Arab Saudi (14.00 WITA) yang berlangsung selama 27 menit.

Menteri Iyad Madani mengatakan 244 jamaah tewas dalam tragedi ini terdiri dari 134 jamaah pria dan 110 jamaah wanita. Sementara lebih dari 200 jamaah lainnya terluka, 8 diantaranya dikabarkan dalam kondisi kritis. (win/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.