KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

FLP Goes to School & Campus
Santri Ponpes Ribathul Khail Antusias Ikuti Pelatihan Menulis

Salah seorang santri PPKP Tenggarong ketika n
Photo: FLP Tenggarong

KutaiKartanegara.com 31/08/04 12:12 WITA
Setelah sukses menggelar Pelatihan Menulis Berbasis Sekolah melalui Forum Lingkar Pena (FLP) Goes To School and Campus (GTSC) di kecamatan Muara Badak beberapa waktu lalu, FLP Tenggarong kembali mengusung kegiatan yang sama  di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan (PPKP) Ribathul Khail Tenggarong, Minggu (29/08).

Kegiatan yang berlangsung cukup meriah ini diikuti oleh 65 orang santri dengan menampilkan dua trainer yakni Hanafi dan Khalifah Nur Rahmansyah yang menghadirkan keceriaan lewat materi ilustrasi komik unik dan asyik.

Menurut Hanafi yang juga Ketua FLP Tenggarong, kegiatan ini dimaksudkan untuk menjawab kekhawatiran bahwa dari 40 remaja hanya 1 orang yang membaca setiap harinya di Kutai Kartanegara. Dari polling dan angket yang disebar FLP, terbukti masih banyak pelajar yang menggunakan waktu luangnya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Ditambahkannya, GTSC di PPKP Ribathul Khail yang berlangsung selama 3 jam ini dan berhasil memancing kreatifitas menulis para santri. Meski banyak yang masih belum tahu mengenai jenis-jenis penulisan, namun saat Trainer meminta latihan-latihan menulis, mereka dengan antusias menerima tantangan tersebut.


Para santri PPKP Tenggarong dengan antusias menyaksikan Nunur membuat kartun

Photo: FLP Tenggarong

"Hasilnya ternyata tidak terlalu mengecewakan. Itu mungkin disebabkan karena secara fikroh, anak-anak pondok lebih mengerti bagaimana nilai-nilai Islami yang memang menjadi dasar dalam setiap penulisan di FLP. Jadi, mereka hanya perlu mengasah kemampuan dan kemauan menulis. Dan, itu patut didukung oleh semua pihak di PPKP," ujar Hanafi.

Selain materi kepenulisan, santri juga disuguhi materi motivasi membaca oleh Manajer Study Club Buku (SCB) Nurjannah SAg yang mengungkapkan berbagai kelebihan aktifitas membaca dan bagaimana cara memilih buku bermutu dan cocok dengan remaja.

Menurut pihak Madrasah Aliyah yang diwakili oleh Waka Kesiswaan, Ustadz Bahaudin SAg, kegiatan tersebut sangat positif yang perlu adanya tindak lanjut di kemudian hari. "Saat ini banyak yang menjadi ilmuwan, tapi ilmuwan yang penulis masih sangat jarang," ungkap Ustadz Bahaudin.

Kegiatan menulis yang dikampanyekan oleh FLP, lanjutnya, patut didorong karena sesuai dengan semangat madrasah yang berupaya meningkatkan prestasi pelajarnya. Apalagi menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) yang akan datang, pasti lebih kompetitif dan memiliki nilai kesukaran yang semakin tinggi. Kemampuan siswa dalam hal berbahasa dan menulis akan sangat membantu. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.