KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Laporan Haji 2004

Laporan Haji 2004
Jamaah Kukar Berangkat ke Arafah

Ribuan tenda telah disiapkan di padang Arafah untuk jamaah haji dari seluruh dunia yang akan melaksanakan Wukuf, Sabtu (31/01) besok
Photo: Ummah.net

KutaiKartanegara.com 30/01/04 22:22 WITA
Jutaan jamaah haji dari seluruh dunia saat ini tengah bergerak menuju padang Arafah untuk melaksanakan wukuf -salah satu wajib haji- yang jatuh pada Sabtu (31/01) besok. Tak terkecuali rombongan jamaah asal Kutai Kartanegara (Kukar) yang beberapa saat lalu telah bergerak menuju Arafah usai sholat Jum'at waktu Arab Saudi.

Menurut reporter Kutai-Kartanegara.com Johan A Hakim yang saat ini tengah menunaikan ibadah haji, rombongan jamaah asal Kukar baik kloter 2, 10 dan 22 mulai meninggalkan tanah suci Mekkah usai sholat Jum'at tepatnya sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

"Kemacetan terjadi didalam kota Mekkah saat bis-bis mulai membawa seluruh jamaah. Bis kami harus memutar dulu untuk menghindari kemacetan yang parah. Lalu-lintas baru lancar saat kami hampir berada diluar kota Mekkah," ujar Johan A Hakim melalui ponselnya. 

Dikatakan Johan, kondisi jamaah asal Kukar umumnya dalam keadaan sehat dan siap melaksanakan wukuf di Arafah, hanya beberapa orang mengalami batuk-batuk dan flu namun tak menjadi penghalang bagi jamaah untuk terus melaksanakan rukun-rukun haji.

"Puncak acara wukuf di padang Arafah ini akan dilaksanakan besok siang (31/01) usai sholat Dzuhur," kata Johan. Ditambahkannya, usai pelaksanaan wukuf, Minggu (01/02) lusa bertepatan dengan perayaan Idul Adha di tanah air, para jamaah akan melontar yang dilanjutkan dengan pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Sementara itu, seperti dilaporkan Arab News hari ini, pemerintah Arab Saudi menyiapkan 20.000 bis untuk membawa 1,5 juta jamaah haji dari seluruh dunia menuju padang Arafah yang terletak sekitar 20 km arah timur kota Mekkah.

Pemerintah kerajaan tersebut juga telah menyiapkan sejumlah pusat kesehatan yakni 29 buah di Mina, 46 buah di Arafah dan 6 buah di Muzdalifah. Selain itu, lebih dari 10.000 pantry atau tempat mengambil makanan juga telah disiapkan untuk melayani jutaan jamaah haji ini. (joe/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.