KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Buka Harganas, Presiden Megawati Disuguhi Tari Massal Garapan LPKK

Presiden Megawati didampingi Gubernur H Suwarna AF saat meninjau arena pameran dagang Harganas

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 28/06/04 23:33 WITA
Samuning Anak Dara, begitulah judul tari massal yang dibawakan para seniman dan seniwati Kutai Kartanegara (Kukar) pada acara pembukaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XI yang dihadiri Presiden RI Hj Megawati Soekarnoputri tadi siang di Lapangan Merdeka, Balikpapan.

Drama tari kolosal yang melibatkan tidak kurang 200 penari dan pemusik ini mendapat sambutan meriah dari Presiden Megawati dan rombongan, sejumlah undangan VIP termasuk Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM serta masyarakat Kota Balikpapan yang turut menyaksikan di pinggir lapangan Merdeka.


Salah satu adegan tari massal Samuning Anak Dara garapan LPKK bekerjasama dengan Pemprov Kaltim
Photo: Anto

Menurut Pimpinan Produksi Samuning Anak Dara, Misra Budiarto AX, drama tari massal ini merupakan produksi bersama antara Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Tenggarong dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Kaltim yang didukung penata musik Epi Martison seta Penata Tari Awang Syarifuddin, Aji Linda dan Musdianur.

"Tarian ini mengkolaborasikan berbagai corak ragam seni yang merupakan paduan inspirasi dari seni dan budaya yang ada dan tumbuh serta berkembang di Kukar dan Kaltim pada umumnya," umar Misra yang juga Ketua LPKK ini.

Ditambahkannya, kendati Samuning Anak Dara tampil dihadapan Presiden RI dan undangan Harganas hanya berdurasi sekitar 9 menit, sajian tari ini mampu menghidupkan sekaligus menggambarkan suasana budaya khas Kaltim.



Unsur kesenian tradisional dari Jawa dan Bugis turut disajikan pada tari Samuning Anak Dara

Photo: Anto

Tari massal Samuning Anak Dara diawali dengan penampilan sekelompok suku Dayak diiringi alunan Sampeq (alat musik petik suku Dayak) dan perkusi atau tetabuhan tradisional yang menunjukkan persatuan dari berbagai etnis di Kaltim.

Disusul kemudian dengan kehadiran para penari pembawa payung kebesaran, kelompok penginangan atau tepak sirih yang mengambarkan ungkapan ucapan selamat datang dan sembah sujud kepada tamu kehormatan sekaligus permohonan kepada Sang Maha Kuasa agar tetamu diberi keselamatan dan terhindar dari segala mara bahaya selama kunjungannya.

Dibagian akhir dari tari massal, lanjut Misra, disuguhkan rasa kegembiran dalam bentuk kerografi penari yang dinamis dan diselingi canda dan tawa penari dengan musik yang cepat dan menghentak sebagai wujud rasa syukur.

Usai membuka Harganas XI, Presiden Megawati bersama sejumlah Menteri didampingi Gubernur Kaltim H Suwarna AF berkesempatan meninjau beberapa stan pameran yang digelas di arena Promosi dan Pameran Dagang Harganas yang berada disamping lapangan upacara.

Sebelumnya Presiden RI Megawati Soekarnoputri juga meresmikan beberapa proyek industri di Kaltim yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Proyek yang diresmikan tersebut adalah Pabrik Amoniak Unit 4 milik PT Pupuk Kaltim Bontang, Pabrik NPK Pelangi milik PKT Group di Bontang dan Semarang Jateng dan Hutan Kota "Wana Tirta" yang ada di kawasan PKT Kota Bontang. (joe/nop)


Suasana tari massal Samuning Anak Dara yang cukup memukau Presiden RI dan para undangan Harganas XI 2004 di Balikpapan
Photo: Anto

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.