KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Gubernur Kaltim: Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga Patut Masuk Buku Pelajaran

Gubernur H Suwarna AF saat berdialog dengan janda pejuang Sanga-Sanga di TMP Wadah Batuah tadi siang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 27/01/04 20:25 WITA
Peristiwa Merah Putih 27 Januari 1947 di Sanga-Sanga sudah sepatutnya dituangkan dalam buku-buku wajib pelajaran di sekolah agar generasi penerus tidak hanya mengenal pertempuran di kota Surabaya, Yogyakarta maupun Bandung Lautan Api.

Demikian ungkap Gubernur Kalimantan Timur H Suwarna AF saat menyampaikan amanatnya pada upacara bendera memperingati peristiwa Merah Putih ke-57 di lapangan Monumen Perjuangan, Sanga-Sanga, Kabupaten Kut Kartanegara (Kukar) tadi pagi.

"Peristiwa perjuangan Merah Putih Sanga-Sanga sebenarnya merupakan salah satu perjuangan berskala nasional, oleh karena itu sudah sepantasnya menjadi catatan sejarah penting diantara catatan sejarah nasional lainnya seperti yang selama ini tertuang dalam buku-buku wajib pelajaran di sekolah," ujar H Suwarna AF yang bertindak selaku inspektur upacara.


Para pelajar Sanga-Sanga yang turut mengikuti upacara bendera peringatan peritiwa Merah Putih ke-57 walau gerimis terus  mengguyur sepanjang upacara berlangsung
Photo: Yanda

Namun yang disayangkan, tambah Gubernur, peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga nyaris tidak tertulis dalam buku-buku pelajaran sekolah sehingga tidak banyak diketahui oleh anak-anak didik di sekolah-sekolah.

"Sebagai bangsa yang besar kita memang seharusnya pandai menghargai jasa-jasa para pahlawan, salah satunya adalah dengan menuangkan jejak perjuangan mereka ke dalam buku-buku wajib pelajaran di sekolah," tandas H Suwarna AF.

Menanggapi amanat Gubernur tersebut, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR kepada wartawan usai tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wadah Batuah mengatakan akan menindaklanjutinya karena sejarah tidak dapat dilupakan. "Jangan kita tinggalkan sejarah, dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan, jadi generasi muda atau anak cucu kita wajib mengetahui sejarah ini," ujar Syaukani.


Bupati Kukar H Syaukani HR (kanan) bersama Pangdam VI TPR dan Kapolda Kaltim ketika memberikan penghormatan saat pengibaran sang saka Merah Putih
Photo
: Yanda

Upacara peringatan peristiwa Merah Putih ke-57 tadi pagi dilaksanakan dibawah siraman hujan rintik-rintik setelah sebelumnya hujan deras mengguyur kota wisata juang Sanga-Sanga. Walau demikian, ratusan peserta yang terdiri dari para personil TNI, Polri, Satpol PP Kukar, organisasi kepemudaan serta para pelajar SD/SMP/SMU Sanga-Sanga ini dengan khidmat mengikuti kegiatan tahunan ini.

Tampak hadir pada puncak peringatan peristiwa Merah Putih yakni para pejabat teras Provinsi Kaltim, Kapolda Kaltim, Pangdam VI Tanjung Pura, pejabat Muspikab Kukar, para veteran, janda pejuang dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Usai upacara, Gubernur Kaltim beserta undangan berkesempatan meninjau pameran pembangunan yang terletak tak jauh dari lapangan upacara. Setelah itu, Gubernur beserta undangan lainnya mengikuti upacara ziarah atau tabur bunga di TMP Wadah Batuah yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Mayjen Pol Budi Utomo. Rangkaian kegiatan peringatan 57 tahun Peristiwa Merah Putih kemudian diakhiri dengan ramah tamah Gubernur Kaltim dan Bupati Kukar dengan para veteran serta janda pejuang di Gedung Wisma Ria, Sanga-Sanga. (win/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.