KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Agustus 2004

Pemkab Kukar Pesan Bajaj untuk Angkutan Wisata

Salah seorang teknisi PT Abdi Raharja ketika merakit Bajaj milik Pemkab Kukar di Tenggarong tadi siang
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 25/08/04 23:23 WITA
PT Abdi Raharja (AR) Jakarta selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) produk Bajaj Auto Ltd yang mengimpor sekaligus merakit kendaraan bermotor roda dua dan tiga asal India tersebut melakukan presentasi produk Bajaj kepada masyarakat angkutan Kutai Kartanegara (Kukar), tadi siang, di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Menurut Ades Fajarudin, Asisten Manajer-Service & Part PT AR Jakarta, produk kendaraan bermotor merek Bajaj lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan alat angkutan penumpang alternatif beroda 3 dalam kota terutama banyak digunakan warga ibukota Jakarta.

Padahal Bajaj tidak hanya memproduk kendaraan sejenis roda 3 (satu roda didepan dan 2 dibelakang) semata namun juga membuat jenis kendaraan bermotor roda dua dari segala tipe, antara lain jenis skuter, bebek, jetmatik dan jenis sport.


Bajaj milik Pemkab Kukar yang telah selesai dirakit dan siap digunakan
Photo: Joe

Dari 4 jenis produk utama kendaraan bermotor (ranmor) buatan Bajaj itu terbagi pula dalam beberapa varian dan kemampuan tenaga mesin. Sementara untuk produk Bajaj beroda tiga terdapat 3 varian yaitu masing-masing kendaraan angkutan penumpang bermuatan 2 orang, kendaraan angkutan barang boks dan angkutan barang jenis pickup.

Ditambahkan Ades Fajarudin, untuk jenis roda 3 memiliki kekuatan mesin 175 cc dengan mesin 4 tak. Selama ini produk Bajaj yang digunakan sebagai alat angkut penumpang di kota Jakarta memakai mesin 150 cc dan mesin 2 tak. "Dengan menggunakan mesin 4 tak dan tenaga 175 cc, Bajaj sebagai alat angkut orang dan barang lebih bertenaga," tutur Ades.

Disamping itu, lanjutnya, suara mesin Bajaj produk baru tidak bising serta hemat bahan bakar. Dan yang lebih penting adalah hasil pembakaran dalam bentuk asap dari knalpot berkurang drastis.

"Yang jelas Bajaj untuk jenis roda tiga katagorinya bukan mobil dan bukan pula sepeda motor, namun sebagai alat angkut alternatif yang memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan itu antara lain harganya murah yakni dibawah Rp 30 juta dan mudah dioperasikan," demikian kata Ades yang didampingi Asisten Manajer Export Service Bajaj Auto Ltd, S Narayanan.

Presentasi Bajaj di Kukar ini difasilitasi Pemkab Kukar, dimana Pemkab Kukar merencanakan akan mengoperasikan ranmor alternatif ini sebagai alat angkut pariwisata di kota Tenggarong dan Pulau Kumala. Pemkab Kukar telah memesan 23 unit Bajaj beroda 3, terdiri 5 unit tipe pikup, 5 unit tipe boks dan sisanya tipe angkutan orang yang saat ini sedang dirakit di gudang kantor Bupati Kukar, Tenggarong. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.