KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Oktober 2004

Total E&P Indonesie Siap Survey Sumber Gas Baru di Anggana

Bupati Kukar H Syaukani HR (kiri) tampak serius memperhatikan pemaparan Total E&P Indonesie tentang rencana survey seismik di Kecamatan Anggana
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 20/10/04 21:32 WITA
Salah satu perusahaan migas yang beroperasi di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar), Total E&P Indonesie, dalam dua bulan mendatang siap melakukan survey seismik terhadap lokasi sumber gas baru di sekitar delta Mahakam tepatnya di lapangan Tunu dan Tambora, Kecamatan Anggana.

Rencana survey di areal seluas 240 kilometer persegi tersebut dipaparkan langsung pihak Total E&P Indonesie dihadapan Bupati Kukar H Syaukani HR, Wakil Bupati H Samsuri Aspar, anggota DPRD Kukar dan pejabat dari dinas/instansi terkait di Hotel Singgasana Tangga Arung, tadi sore.

Menurut Agus Djamhoer dalam pemaparannya, survey seismik tersebut dimaksudkan untuk mendeteksi gas dangkal yang terdapat di sekitar daerah Tunu. "Survey ini bertujuan untuk memetakan gas dangkal yang ada pada kedalaman 1 km di daerah GTS (Gathering Testing Satellite) yang banyak terdapat kandungan gas didalamnya," ujar Agus.


Suasana pemaparan Total E&P Indonesie di Batara Room, Hotel Singgasana, Rabu (20/10) sore

Photo: Yanda


Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Thobias Djadji dari Total E&P Indonesie (tengah) dan Ahmad Hamdani dari BP-Migas (kiri) saat memberikan arahannya

Photo: Yanda

Ditambahkannya, survey tersebut akan dilaksanakan di 27 GTS yang terdiri dari 14 GTS di daerah daratan, 9 GTS di daerah perairan dan 4 GTS di daerah kombinasi. Mengingat luasnya areal survey, pihak Total E&P Indonesie akan melibatkan 400 personil pada survey ini dan diharapkan dapat menyerap 60% tenaga kerja lokal.

Sementara itu, dikatakan Thobias Djadji yang bertindak mewakili manajemen Total E&P Indonesie, pemaparan yang dilakukan pihaknya sore tadi sekaligus sebagai laporan kepada Bupati dan DPRD Kukar mengenai rencana survey yang akan dilakukan 2 bulan mendatang. Ia berharap agar rencana survey seismik ini dapat diterima oleh Pemkab Kukar maupun pihak anggota dewan. Bahkan pihaknya menyatakan siap menerima arahan-arahan dari Pemkab Kukar sebelum dilaksanakannya survey.

Bupati Kukar H Syaukani HR sendiri dalam sambutannya mendukung kegiatan survey yang akan dilakukan pihak Total E&P Indonesie dalam rangka meningkatkan produksinya, namun demikian Bupati meminta agar mengingatkan pihak Total E&P Indonesie dapat mengeliminir dampak-dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kegiatan tersebut.

"Jangan sampai ikan-ikan lari sehingga menyebabkan para nelayan kita tidak dapat berusaha lagi serta jangan sampai terjadi kerusakan lingkungan," demikian pesan Bupati Kukar H Syaukani HR. (win/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.