KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Pusat Rekreasi Pulau Kumala Jadi Bandara?

KutaiKartanegara.com 17/06/04 23:16 WITA
Kendati bandara baru yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Samarinda belum dikerjakan, namun hasrat Bupati Kukar H Syaukani HR untuk memiliki sebuah 'bandara' di Tenggarong tampaknya bakal segera terwujud.

Dimana 'bandara' tersebut akan dibangun? Ternyata Pulau Kumala lah yang menjadi pilihan. Pusat rekreasi dan wisata andalan kota Tenggarong di masa mendatang ini akan dilengkapi dengan sebuah lapangan terbang perintis dengan landasan pacu sepanjang 700 meter.


Tata ruang pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala kini berubah lagi dengan diputuskannya pembuatan lapangan terbang kecil di pulau tersebut
Photo: Agri

Keinginan Kukar untuk memiliki lapangan terbang mini  tersebut diungkap Bupati H Syaukani HR sebelum mengikuti demo penerbangan bersama pesawat Eurocopter Colibri EC-120B di helipad Pulau Kumala, Tenggarong, tadi siang.

"Kehadiran lapangan terbang perintis di Pulau Kumala ini dimaksudkan untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan penerbangan ke wilayah pedalaman," ujar Bupati H Syaukani HR.

Sementara itu, menurut Presiden Direktur Omega Aviation Inc dari Australia, Frank Hearney, lapangan terbang dengan landasan pacu sepanjang 700 meter ini sangat memungkinkan untuk didarati pesawat ringan twin otter berkapasitas 20 orang.

"Bahkan jenis pesawat ini mampu mendarat di lapangan pendek dengan panjang sekitar 450 meter," kata pria bule bertubuh tambun tersebut.

Untuk merealisasikan pembangunan lapangan terbang ini, Pemkab Kukar menunjuk HM Syahrun selaku kontraktor pembangun landasan pacu di Pulau Kumala. Ditegaskan HM Syahrun atau yang akrab dipanggil H Alung ini bahwa pihaknya dapat merampungkan pekerjaan pembuatan landasan pacu tersebut dalam waktu satu bulan. Demikian katanya. (win/nop)


Landasan pacu sepanjang 700 meter di Pulau Kumala cukup mampu didarati pesawat twin otter berkapasitas 20 orang
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.