KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Ribuan Massa Padati Kantor Bupati, Awang Bakti Dilantik di Samarinda

Massa mencoba menerobos barisan aparat keamanan yang menjaga ketat Kantor Bupati Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 13/12/04 17:10 WITA
Ribuan massa pendukung H Syaukani HR dan H Samsuri Aspar tumpah ruah memadati Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, tepat didepan Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) sejak pagi hingga siang tadi.

Massa berunjukrasa untuk menentang pelantikan Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) yang sedianya akan dilaksanakan di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar tersebut.

Setelah sempat bersitegang dengan aparat keamanan yang telah disiagakan, massa dari berbagai pelosok kecamatan di Kukar tersebut akhirnya dapat dengan mudah menerobos halaman Kantor Bupati Kukar. Aparat keamanan tak dapat berbuat banyak untuk membendung ribuan massa tersebut.


H Syaukani HR  berusaha menenangkan ribuan pendukungnya
Photo: Yanda


Salah seorang pendukung Syaukani dihadapan aparat keamanan
Photo: Jaya

Pelantikan Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Kukar oleh Gubernur Kaltim Suwarna AF akhirnya batal dilaksanakan di Tenggarong. Namun Awang Dharma Bakti dikabarkan tetap dilantik oleh Suwarna AF bertempat di Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda.

H Syaukani HR didampingi H Samsuri Aspar yang tiba di Kantor Bupati Kukar berusaha menenangkan ribuan pendukungnya. "Kalau saudara betul-betul mencintai saya, mari kita ciptakan situasi yang kondusif," kata Syaukani.

Syaukani juga meminta warga masyarakat untuk menghormati dan menghargai aparat keamanan yang menjalankan tugasnya serta mengharapkan agar masyarakat juga menghormati pelantikan Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Kukar.

"Biarlah ini sebagai proses demokratisasi yang harus kita hormati, saya akan kembali pada Juni 2005. Tunggu saya di Pilkada!" tandas Syaukani kepada para pendukungnya.

Syaukani HR kemudian meminta para pendukungnya untuk meninggalkan Kantor Bupati dengan tertib dan damai. Dengan kawalan ratusan personel Laskar Pemuda Adat Dayak Kaltim (LPADKT) Kukar dan ribuan simpatisannya, Syaukani dan Samsuri meninggalkan Kantor Bupati menuju gedung DPRD Kukar yang berjarak hanya sekitar 250 meter.

Di gedung wakil rakyat tersebut, Syaukani melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua DPRD H Bachtiar Effendi dan para anggota dewan lainnya. DPRD Kukar yang semula hendak melakukan pelantikan terhadap Syaukani HR sebagai Bupati Kukar akhirnya membatalkan rencana tersebut. Rapat Paripurna ke-12 yang dijadwalkan untuk mengangkat kembali Syaukani HR tidak jadi dilaksanakan. (win/nop/jay)


Suasana halaman Kantor Bupati Kukar yang dipadati ribuan pendukung H Syaukani HR
Photo: Yanda

Berita Terkait:
DPRD Kukar Tolak Pelantikan ADB, Ancam Angkat Syaukani Kembali Jadi Bupati (12/12/04)

Jelang Pelantikan ADB, Kantor Bupati Kukar Diduduki Aparat Keamanan (12/12/04)

Buntut Diberhentikannya Syaukani-Samsuri, Ratusan Warga Berunjukrasa (11/12/04)

Syaukani-Samsuri Diberhentikan! (11/12/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.