KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli

Tim ILO Pantau Program Zona Bebas Pekerja Anak di Kukar

Potret salah seorang pekerja anak

di Kutai Kartanegara

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 12/03/04 18:55 WITA
Tim gugus tugas (task force) Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA) dari International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional yang beranggotakan 3 orang dipimpin Oktavianto A Pasaribu selama sepekan berada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kehadiran tim gugus tugas ZBPA di Kukar ini diterima langsung oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM tadi pagi di ruang kerjanya di Tenggarong.

Menurut Oktavianto A Pasaribu, kedatangan ke Kukar ini dalam rangka monitoring sekaligus supervisi baik terhadap perangkat keras maupun lunak dalam penerapan program ZBPA di Kukar. "Program ZBPA merupakan kerjasama Pemkab Kukar dengan ILO, dimana pelaksanaan ZBPA di Kukar ini adalah yang pertama di dunia," ujar Oktavianto.

Dengan demikian, ZBPA harus berjalan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Ditambahkannya, selama di Kukar pihaknya akan melakukan berbagai kegiatan seperti pertemuan dengan dinas dan lembaga terkait seperti Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, Asosiasi Perusahaan dan Serikat Pekerja, serta lokakarya pengkajian ZBPA, jumpa pers dan diakhiri dengan rapat pleno.

"Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana komitmen semua pihak terkait dalam melaksanakan program ini di Kukar. Selain itu kita juga akan membahas rencana strategis tahun 2003-2007, dimana pada periode ini di semua wilayah Kukar tidak terdapat lagi pekerja anak di bawah usia 15 tahun," tandas Oktavianto Pasaribu.

Sementara itu, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM menyatakan keyakinannya terhadappelaksanaan ZBPA di Kukar yang akan terlaksana dengan baik sesuai program kerja yang disepakati.

"Segala perangkat telah disiapkan diantaranya Peraturan Daerah (Perda) No 9/2004. Diharapkan, tahun 2009 mendatang kita dapat melaporkan keberhasilan pelaksanaan ZBPA di Kukar dihadapan anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB),” kata Bupati H Syaukani HR.

Program ZBPA di Kukar dicanangkan pada bulan Nopember 2002 dimana pendeklarasiannya ditandai dengan penandatangan kesepakatan (MoU) yang dilakukan di Tenggarong antara Bupati Kukar H Syaukani HR bersama Menakertrans RI Yacob Nuwawea dan Direktur ILO untuk Indonesia saat itu Alan Bulton. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.