KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info Odah Etam : Januari 2004

Kukar Ikuti Chingay Parade 2004 di Singapura

Salah satu sudut Orchard Road di malam hari. Pusat bisnis dan perdagangan terkenal di Singapura ini akan menjadi ajang penyelenggaraan Chingay Parade pada akhir bulan ini
Photo: Ykchia.com

KutaiKartanegara.com 12/01/04 18:05 WITA
Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) akan mengirimkan dele-gasinya pada Chingay Parade 2004 di Singapura yang akan berlangsung pada 31 Januari mendatang.

Menurut Ketua LPKK Misra Budiarto AX SSos, pihaknya akan mengirimkan 35 orang seniman-seniwatinya ke Singapura pada 28 Januari yang akan datang. "Saat ini persiapan-persiapan terus kami lakuan baik berupa latihan intensif, olahraga ringan maupun mempersiapkan properti-properti yang akan dibawa ke Singapura nantinya," ujar Misra Budiarto.

Ditambahkan Misra Budiarto, dalam Chingay Parade ini sangat dituntut ketahanan fisik para peserta, karena peserta akan berjalan kaki sepanjang hampir 2 kilometer sambil membawakan tari-tarian atau atraksi-atraksi lainnya. Untuk itu, para anggota delegasi kesenian Kukar ini selain berlatih tari selama 3 kali seminggu, juga digenjot fisiknya dengan olahraga jalan kaki atau lari-lari yang dilakukan setiap Minggu pagi.

Sekedar informasi, Chingay Parade merupakan festival tahunan di Singapura yang telah diselenggarakan sejak tahun 1973 dalam rangka memeriahkan Tahun Baru China atau Imlek yang tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2004. Chingay Parade merupakan sebuah parade atraksi seni budaya dengan berjalan menyusuri sepanjang Orchard Road, yakni sebuah jalan di jantung kota Singapura yang sangat terkenal di seluruh dunia sebagai pusat kawasan bisnis, perdagangan dan hiburan.


Penampilan para penari dari India saat beraksi dalam Chingay Parade beberapa waktu lalu
Photo: H. Haga

Peserta Chingay Parade tak hanya datang dari seluruh pelosok Singapura, namun juga melibatkan para peserta dari mancanegara seperti negara-negara ASEAN, India, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Australia, Selandia Baru dan masih banyak lagi.

Ratusan ribu wisatawan lokal dan mancanegara dikabar-kan selalu menantikan festival terbesar di Singapura ini. Dikatakan Misra Budiarto, kesempatan tersebut tak akan disia-siakan oleh rombongan LPKK untuk mempromosikan pariwisata Kutai Kartanegara khususnya Erau 2004 dengan cara membagi-bagikan sticker dan brosur.

Dalam parade yang selalu dilaksanakan pada malam hari dan disiarkan langsung oleh TV-TV Singapura ini, para peserta Chingay Parade akan menampilkan berbagai macam atraksi seperti tari-tarian, akrobat, kesenian barongsay dan lain sebagainya. LPKK sendiri akan menampilkan tarian Menjamu Benua dengan menggunakan kostum tradisional suku Dayak Kenyah dan Dayak Benuaq yang khas dan penuh warna.

Menurut Misra Budiarto, sebelum diberangkatkan ke Singapura, para duta kesenian Kukar akan melakukan gladi bersih di Kantor Bupati Kutai Kartanegara pada 25 Januari. Rencananya, gladi bersih ini akan digelar  bersamaan dengan pelepasan delegasi Kukar oleh Bupati Drs H Syaukani HR MM.

"Kami akan bertolak menuju Singapura pada 28 Januari mendatang dengan menggunakan pesawat Bouraq Airlines dan kembali ke tanah air pada 3 Pebruari 2004," demikian kata Misra Budiarto. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.