KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Nopember 2004

Rangkaian Safari Ramadhan Bupati di Muara Muntai

Bupati Kukar Syaukani (kanan) saat menikmati santapan buka puasa bersama dengan warga yang menjadi sasaran kunjungan Safari Ramadhan Pemkab Kukar

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 11/11/04 13:33 WITA
Safari Ramadhan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) yang dipimpin Bupati Drs H Syaukani HR MM, Minggu (07/11) lalu mmenyinggahi salah satu kecamatan terjauh di Kabupaten Kukar sekaligus kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat yaitu kecamatan Muara Muntai. Rombongan Bupati yang tiba di Muara Muntai pukul 10 siang dari Kecamatan Kembang Janggut ini diterima oleh Camat Muara Muntai Syamsi Juhri MM di dermaga Kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kutai Kartanegara Syaukani HR dan rombongan dalam mengawali kegiatan Safari Ramadhannya di Muara Muntai melakukan shalat Dzuhur berjama'ah di Masjid Baiturrahman, Desa Persiapan Pulau Harapan.

Di masjid ini diserahkan bantuan uang pembangunan masjid sebesar Rp 15 juta ditambah bantuan pribadi Wabup Samsuri Aspar sebesar Rp 10 juta serta wakaf dari H Syaukani HR berupa buku agama sebanyak 150 eksemplar. Bantuan tersebut diterima Ketua Pembangunan Masjid Baiturrahman H Maswi.


Syaukani saat memberikan sambutan di Masjid Besar Asy-Syakirin Muara Muntai
Photo: Joe

Memasuki waktu shalat Ashar, rombongan kembali melakukan shalat berjama'ah di Masjid Asy-Syakirin yang berada di ibukota Kecamatan Muara Muntai. Di masjid ini Bupati H Syaukani HR juga menyerahkan bantuan Pemkab Kukar sebesar Rp 15 juta dan buku wakaf sebanyak 150 eksemplar.

Menurut Ketua Pembangunan, Drs H Anjar Asmara sekaligus sebagai Ketua Pengurus Masjid Asy-Syakirin, pembangunan masjid tersebut sudah berjalan 17 tahun. "Selama kurun waktu tersebut belum pernah selesai dan telah menghabiskan dana sekitar Rp 800 juta. Sementara kepengurusannya sudah mengalami pergantian untuk yang ketiga kalinya. Dan selama itu pula masjid tersebut sampai sekarang belum pernah diresmikan," ujarnya seraya menambahkan pembangunan masjid tersebut masih membutuhkan dana tak kurang sebesar Rp 300 juta.

Sementara di Masjid Raudatul Ibadah, Desa Rebaq Rinding, Bupati dan rombongan berbuka puasa dilanjutkan shalat Maghrib, Isya dan Tarawih berjamaah. Di masjid ini, kembali Bupati Syaukani menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 100 juta dan 400 eksemplar buku Tuntunan Shalat.


Bupati Kukar (kanan) ketika menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Besar Asy-Syakirin
Photo: Joe

Bantuan berasal dari Pemkab Kukar sebesar Rp 50 juta dan pribadi Syaukani Rp 50 juta, diterima Ketua Pengurus Masjid Raudatul Ibadah H Darham didampingi Ketua BPD Rebaq Rinding H Helmi, Ketua DPRD Kukar H Bahtiar Effendi, Camat Muara Muntai Syamsi Juhri SSos dan Muspika beserta jamaah masjid lainnya.

H Helmi dalam sambutannya mengatakan, Masjid Raudatul Ibadah telah selesai dibangun selama 2 tahun dengan menelan biaya pembangunan sekitar Rp 700 juta. Dana pembangunan masjid ini katanya berasal dari swadaya masyarakat sebesar Rp 500 juta dan sisanya Rp 200 juta berasal dari program Gerbang Dayaku yang tercantum dalam buku putih.

Namun demikian masih ada sarana masjid yang belum terwujud seperti tempat wudhu, toilet dan perangkat sound system. Untuk memenuhi ini, H Helmi mengaku tidak lagi memiliki uang sepeser pun, sedang pembenahan pembangunan masjid masih membutuhkan dana sekitar Rp 300 juta lagi.

Bupati Kukar H Syaukani HR dihadapan jamaah masjid menjelaskan tentang pelaksanaan program Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA). Menurutnya program ini merupakan bagian dari peningkatan mutu SDM. Program ini akan diberlakukan secara efektif pada tahun 2007 mendatang sesuai dengan Perda yang telah disahkan DPRD Kukar.

"Oleh sebab itu bila ada orang tua masih mempekerjakan anak yang masih usia sekolah dapat dikenai denda Rp 5 juta atau dipenjara selama 6 bulan. Jadi jangan coba-coba mempekerjakan anak-anak di usia sekolah," demikian pesan Bupati Kukar.


Bupati Syaukani bersama Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi saat melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Sebulu
Photo: Joe

Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Sebulu
Sementara itu, dalam Safari Ramadhan 1425 Hijrah di Kecamatan Sebulu, Selasa (02/11) lalu, Bupati Kukar H Syaukani HR berkesempatan menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di desa Sebulu Modern sebesar Rp 27 juta.

Penyerahan berlangsung di Masjid Besar Al-Izhhar, Desa Sebulu Ilir, Kecamatan Sebulu dengan disaksikan masyarakat setempat. Musibah kebakaran yang terjadi pada pertengahan Oktober lalu di Desa Sebulu Moderen telah memusnahkan 49 rumah penduduk dan mengakibatkan 197 jiwa atau 54 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal. Kerugian material akibat musibah kebakaran menurut Camat Sebulu Erlian SPd MM mencapai Rp 2 milyar.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Syaukani juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Besar Al-Izhhar sebesar Rp 100 juta. Dari jumlah bantuan untuk Masjid Besar Al-Izhhar ini Rp 50 juta berasal dari Pemkab Kukar dan Rp 50 juta dari kantong pribadi Syaukani.

Untuk penyerahan bantuan kebakaran diterima oleh Camat Sebulu Herlian SPd MM, sedang bantuan masjid besar Al-Izhhar diterima oleh Panitia Pembangunan Masjid. Selain uang juga diserahkan wakaf untuk masjid Al Izhhar berupa buku tuntunan sholat sebanyak 400 eksemplar. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.