KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Mei 2004

Ujian Akhir Nasional SLTA Serentak Dilaksanakan

Salah seorang siswi SMUN I Tenggarong dengan serius mengerjakan soal yang diujikan dalam UAN SLTA tahun 2004
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 10/05/04 17:10 WITA
Ujian Akhir Nasional (UAN) Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) secara serentak dilaksanakan di seluruh pelosok Indonesia mulai hari ini, tak terkecuali di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar). Di ibukota Kabupaten Kukar, Tenggarong, pelaksanaan UAN berjalan tertib dan lancar sejak pukul 07.30 hingga 12.00 WITA.

Berdasarkan pemantauan KutaiKartanegara.com tadi pagi di SMUN I Tenggarong, para siswa SLTA mulai memasuki ruang ujian pada pukul 07.15 WITA untuk mendengarkan pengarahan dari panitia UAN sebelum ujian dimulai pada pukul 07.30 WITA. Adapun mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang masing-masing diujikan dalam waktu 120 menit.


Kepala SMUN I Tenggarong, Drs Yasir MM, saat memantau para siswanya yang mengikuti pelaksanaan UAN hari pertama
Photo: Yanda

Menurut Kepala Sekolah SMUN I Tenggarong Drs Yasir MM, pihaknya telah memberikan bimbingan kepada para siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UAN diantaranya dengan memberikan Try Out bekerjasama dengan lembaga kursus Primagama dan Program Intensif Belajar (PIB).

"Sebelumnya kami juga telah melakukan sosialisai kepada para orangtua/wali murid agar dapat turut mengontrol anaknya dalam proses belajar," ujar Drs Yasir MM yang dengan optimis menambahkan siswanya telah 80% siap menghadapi UAN yang baru pertama digelar secara serentak di Indonesia ini.

Ketika ditanya mengenai standar kelulusan yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional minimal 4,01, dikatakan Yasir bahwa pihaknya menyambut baik kriteria nilai 4,01 tersebut namum hal ini masih harus ditindaklanjuti dengan peningkatan fasilitas penunjang belajar-mengajar dari pemerintah daerah.


Pelaksanaan UAN di salah satu ruang kelas SMUN I Tenggarong
Photo: Yanda

Ditambahkan Yasir, siswa SMU I Tenggarong yang menjadi peserta UAN tahun ini berjumlah 246 orang yang terdiri dari 129 siswa IPA dan 117 siswa IPS dengan menggunakan 13 ruang kelas sebagai tempat pelaksanaan UAN.

Menurutnya, berkas soal dan lembar jawaban UAN yang telah selesai dikerjakan para peserta akan langsung dikumpul dan diserahkan ke Dinas Pendi-dikan Kukar sebelum akhirnya dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim untuk diperiksa.

Sementara itu, salah seorang siswi SMUN I Tenggarong ketika dimintai tanggapannya terhadap pelaksanaan sistem ujian akhir pengganti EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional) yang baru pertama mereka ikuti mengaku lumayan susah dalam menjawab beberapa soal dan agak kesulitan dalam pengisian lembar jawaban.

"Kertas lembar jawabannya agak susah dibulati dengan pensil 2B karena sering melenceng keluar dari lingkaran, padahal sewaktu try out (ujicoba) mudah saja membulatinya. Selain itu bekas jawaban yang salah juga agak susah dibersihkan," demikian tutur Aji Melinda Delyna Sari yang akrab disapa Dely ini. (nop/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.