KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kasus Demam Berdarah Terus Bertambah

Bupati Kukar H Syaukani HR saat menjenguk penderita DBD di RSU AM Parikesit, Tenggarong, belum lama ini
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 10/03/04 18:05 WITA
Memasuki pekan kedua bulan maret 2004 ini kasus penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kutai Kartanegara (Kukar) semakin meningkat saja. Hingga hari ini korban DBD di seluruh wilayah Kukar tercatat telah mencapai 82 kasus.

Menurut data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kukar yang diperoleh melalui laporan beberapa Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kukar. Jumlah tertinggi dari serangan DBD terjadi di Kecamatan Tenggarong yaitu dengan 28 kasus. Menyusul kemudian Kecamatan Muara Badak dengan 14 kasus dan Kecamatan Tenggarong Seberang bersama Loa Janan dengan 9 kasus.

Dari laporan itu diketahui 8 dari 18 Kecamatan di Kukar diindikasikan sebagai wilayah endemik atau terjangkit. Wilayah endemik DBD di Kukar lainnya namun kasusnya sedikit yaitu terdapat di Kecamatan Anggana (11 kasus), Loa Kulu (8 Kasus), Sanga-Sanga (2 kasus) dan Samboja (1 kasus).

Sedang 10 kecamatan yang belum ditemui kasus DBD di Kukar masing-masing adalah Kecamatan Muara Muntai, Tabang, Muara Kaman, Kembang Janggut, Sebulu, Muara Jawa, Kota Bangun, Kenohan, Marangkayu dan Muara Wis.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr H Said Suharmani, untuk membatasi penyebaran DBD ini pihaknya telah melakukan antisipasi dengan melakukan pengasapan (fogging) di seluruh ibukota kecamatan kemudian menyebaran abate gratis.

"Bagi pasien kurang mampu kami gratiskan pengobatannya termasuk rawat inap di Puskesmas kecamatan," kata Kepala Diskes Kukar tersebut. Ditambahkannya pula bahwa sebagian besar pasien yang menderita DBD di Kukar adalah anak-anak. (joe)

Berita Sebelumnya:
Penderita Demam Berdarah Kukar Terus Meningkat (05/03/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.