KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juli 2004

Aneka Kegiatan Semarakkan HUT IBI ke-53

KutaiKartanegara.com 07/07/04 20:47 WITA
Memasuki usianya yang ke-53 pada hari ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar berbagai kegiatan seperti Penyuluhan Kesehatan, Pemeriksaan Ibu Hamil, pelaksanaan Sirkumsisi (sunat) bagi bayi wanita dan pelayanan Keluarga Berencana.

Menurut Ketua IBI Kukar Hj Darnawati Sy, kegiatan tersebut akan dilakukan di beberapa Kelurahan didalam kota Tenggarong. Sedang untuk kegiatan internal, selain melaksanakan upacara peringatan secara seremonial dan mengadakan Quis IBI Berani serta ceramah ilmiah.

"Ceramah mengenai upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) ini kami laksanakan besok (08/07) pagi. Kami menghadirkan dr Abdurrahman Laqif Alaydrus SpOG selaku narasumber," ujar Hj Darnawati Sy seraya menambahkan kegiatan ini akan diikuti para bidan se-Kukar.

Menyinggung peran bidan menurutnya masih sangat besar terutama dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Tidak berlebihan bila tema HUT IBI tahun 2004 ini adalah "Perempuan Sehat, Bayi Sehat dan Bangsa yang Sehat".

Ditambahkan Darnawati, masih tingginya angka kematian ibu pada saat melahirkan adalah contoh tugas yang harus diemban anggota IBI. "Data menunjukkan, AKI di Indonesia lebih tinggi 5 kali jika dibandingkan AKI di negara-negara ASEAN dan angka ini lebih tinggi lagi bila dibandingkan dengan negara maju yaitu 50 kalinya," tandas Hj Darnawati.

"Oleh sebab itu IBI bertekad untuk meningkatkan mutu pelayanannya antara lain dengan meningkatkan mutu SDM anggota IBI. Kami berharap Pemkab Kukar dapat memberikan fasilitas dan dukungan dalam peningkatan SDM IBI melalui jenjang pendidikan bidan yang telah tersedia di Politeknik Kesehatan di Samarinda atau pada Akademi Bidan di Balikpapan," demikian katanya.

Pada upacara peringatan HUT IBI ke-53 di Aula RSU AM Parikesit Tenggarong tadi pagi tampak hadir Assisten II Pemkab Kukar Ir HM Aswin MM MSc, Ketua IBI Provinsi Kaltim Hj Widiyani SKM MQIH, Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Said Suharmani serta Direktur RSU AM Parikesit Tenggarong dr Ali Hidar. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.