KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

PBB Dukung Penyelamatan Delta Mahakam

Kawasan delta Mahakam perlu dijaga kelestariannya. Tampak dalam gambar adalah salah satu kawasan hutan mangroove/bakau yang telah mengalami kerusakan
Photo: LCLUC Indonesia

KutaiKartanegara.com 07/04/04 20:55 WITA
Lokakarya sehari mengenai pengendalian kawasan Delta Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan digelar esok Kamis (09/04) di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Lokakarya yang diselenggarakan oleh Borneo Ecological & Biodiversity Conservation (BEBSiC) Kalimantan Timur ini bertema "Penyelamatan Delta Mahakam Secara Bersama, Terpadu dan Berkelanjutan Sebagai Aset ekonomi dan Ekologi".

Menurut Direktur Eksekutif BEBSiC Kaltim, Fazrin Rahmadani, lokakarya ini akan diikuti lenbaga dan dinas/instansi terkait di Kukar maupun tingkat Provinsi Kaltim.

Selain itu juga akan melibatkan perguruan tinggi, LSM, perusahaan Migas, petani/petambak serta badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) seperti United Nations Development Programme (UNDP), United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) dan United Nations Volunteers (UNV).

"Tidak itu saja kami juga mengundang lembaga pemberi bantuan dari luar negeri seperti USAID Amerika, JICA Jepang, GTZ Jerman, Komisi Eropa," kata Fazrin.

Menurutnya, lokakarya ini ditekankan pada upaya membahas proyek proposal yang bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama dalam implementasi kegiatan perbaikan kondisi delta Mahakam yang kondisinya sangat memprihatinkan.

"Sekarang pulau-pulau pembentuk Delta Mahakam telah dieksploitasi sedemikian rupa untuk berbagai kepentingan terutama usaha pertambakan udang. Akibatnya, abrasi (pengikisan pantai) terjadi secara drastis dan kehidupan ekosistem pantai pun menjadi sirna," ujarnya.

Padahal, lanjut  Fazrin, delta Mahakam selain sangat penting artinya bagi kehidupan masa depan masyarakat di Kaltim maupun nasional juga merupakan aset perekonomian yang sangat potensial karena sumber daya alam yang dimiliki di kawasan itu sangat besar dan potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Demikian katanya. (joe)

Baca Juga:
TotalFinaElf Presentasikan Hasil Penelitian Delta Mahakam (20/05/03)

Pengelolaan Delta Mahakam Terus Disosialisasikan (28/03/03)

Kukar Bentuk Badan Pengelola Delta Mahakam (22/03/03)

Pemkab Kukar Sosialisasikan Pelestarian Delta Mahakam (24/02/03)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.