KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Debat dan Pidato Bahasa Inggris Diminati Pelajar Kaltim

Salah seorang peserta lomba Pidato Berbahasa Inggris sedang menjajal kemampuannya dihadapan dewan juri dan para peserta lainnya

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 03/03/04 13:47 WITA
Debat maupun pidato dalam bahasa pengantar internasional khususnya Bahasa Inggris semakin diminati para pelajar di Kaltim. Buktinya, tidak kurang 63 pelajar mulai dari tingkat SLTP dan SLTA se-Kaltim turut ambil bagian dalam Lomba Debat dan Pidato Berbahasa Inggris yang digelar lembaga pendidikan Ketopong College Tenggarong bekerjasama dengan Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada (PPIK) yang berlangsung di Kampus Kuning Ketopong College, Tenggarong, sejak Senin (01/03).

Kepala Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara (Kukar), Drs HM Idrus Sy MSi yang berkesempatan membuka lomba ini mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta didik di Kaltim dan Kukar pada khususnya.


Seorang peserta dari SMP ketika menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris
Photo: Jaya

"Jadi lomba ini boleh dikatakan sebagai parameter kemampuan siswa dalam memahami bahasa Inggris. Lomba semacam ini penting sebagai realisasi sasaran pokok program Gerbang Dayaku yang menjadi acuan Pemkab Kukar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia," ungkap Idrus.

Sementara itu Ketua Panitia Rita Widyasari SSos MM yang juga Direktur Ketopong College mengungkapkan, lomba ini bertujuan sebagai ajang saling tukar menukar dan berbagi pengalaman serta kemampuan antar siswa dan guru Bahasa Inggris.

Diakuinya sebagai bahasa pengantar internasional, maka bahasa Inggris perlu dimasyarakatkan. "Salah satu caranya adalah melalui lomba semacam ini. Pemahaman bahasa Inggris yang baik dan benar sangat dibutuhkan di era globalisasi seperti saat ini," ujar putri Bupati Kukar H Syaukani HR ini.

Pihak panitia menyediakan 5 tema judul pidato yang dapat dipilih peserta perorangan diantaranya adalah berjudul "Teenagers Preparation Toward Globalization". Sedang untuk debat peserta dalam bentuk kelompok juga diberikan 5 pilihan topik salah satunya adalah berjudul "Ideal Teacher".

Peserta selain berasal dari Tenggarong juga datang dari kota-kota di Kaltim seperti Balikpapan, Samarinda dan Bontang. "Kepada pemenang selain akan diberikan uang pembinaan yang nilainya cukup besar juga piala dan piagam penghargaan," demikian kata Rita Widyasari. (joe/nop/jay)


Dewan juri yang terdiri dari pemuda Kanada, Ketopong College dan Unikarta Tenggarong
Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.