KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Tim Kesenian Kukar Beraksi di Singapura

Para penari LPKK yang ikut ambil bagian dalam Chingay Parade 2004 kemarin (31/01) malam
Photo: FN65 / Marlon Ngantung

KutaiKartanegara.com 01/02/04 22:57 WITA
Suasana meriah dan penuh warna-warni tergambar dalam pelaksanaan Chingay Parade 2004 di Singapura, Sabtu (31/01) malam kemarin. Gengsi parade tahunan yang biasa digelar dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Imlek ini semakin terasa saat Presiden Singapura SR Nathan, aktor internasional asal Hongkong Jackie Chan, serta bintang-bintang asal Singapura dan Taiwan lainnya turut serta dalam parade ini dengan menaiki kendaraan hias yang telah disiapkan.

Seperti yang dilaporkan oleh ChannelNewsAsia tadi malam, sedikitnya 3.600 orang peserta dari 73 kelompok lokal dan internasional turut ambil bagian dalam parade jalanan terbesar di Singapura ini semalam.  Tak ketinggalan tim kesenian dari Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK), Kutai Kartanegara (Kukar), yang menjadi wakil Indonesia pada parade tersebut tahun ini.


Spanduk bertuliskan Menjamu Benua - Kutai Kartanegara Regency - East Kalimantan - Indonesia, lengkap dengan lambang Kukar saat melintasi salah satu sudut Orchard Road, Singapura
Photo: FN65 / Marlon Ngantung

Delegasi Indonesia yang dipercayakan kepada tim kesenian asal bumi Kalimantan Timur ini tampil bersama 11 peserta internasional lainnya seperti dari negara Malaysia, Jepang, Denmark, Taiwan, India, Afrika Selatan, Korea Selatan serta beberapa negara lainnya.

LPKK sendiri yang membawakan tari bertajuk Menjamu Benua mampu menarik perhatian ratusan ribu masyarakat Singapura dan para wisatawan mancanegara yang Sabtu sore telah memadati Orchard Road, atau sebuah jalan di Singapura yang terkenal sebagai kawasan pusat perdagangan dan hiburan. Apalagi dalam perjalanan menyusuri Orchard Road sepanjang 1,7 km tersebut, sekali-sekali para penari membagi-bagikan cenderamata khas Kalimantan kepada para penonton.

chingay.jpg (26699 bytes)
Salah seorang pendukung tari Menjamu Benua saat beraksi di Singapura, Sabtu (31/01) malam
Photo: FN65 / Adrianus MS

Selama parade berlangsung, tarian Menjamu Benua yang didukung 35 orang -termasuk 8 orang pemusik- ini ditampilkan sebanyak 4 kali selama 2,5 menit pada 4 titik yang telah ditentukan seperti didepan Hotel Marriot Singapura, Ngee Ann City, The Hereen dan Orchard Point.

Dengan mengenakan kostum tradisional Dayak Kenyah, 14 penari wanita dengan lemah gemulai membawakan tarian ini, terkadang mereka berlari kecil bagai burung Enggang yang sedang terbang sambil mengepakkan sayapnya.

Penampilan 6 penari Belian juga turut menarik perhatian para penonton, karena para penari ini terkadang berjalan sambil memutar-mutar tubuhnya dengan cukup cepat.  Sedangkan penampilan beberapa penari berpakaian pejuang Dayak juga tak kalah menariknya, 6 penari pria ini tampak dengan gagah menari sambil membawa tameng dan mandau, peralatan perang khas suku Dayak yang terkenal.

Sementara itu seperti dilansir harian terbesar Singapura The Straits Times, Chingay Parade 2004 kemarin malam merupakan yang ke-32 dalam sejarah parade tersebut. Parade yang dimulai sejak pukul 19.00 WITA (sama dengan waktu Singapura) tersebut berlangsung meriah dan sukses selama kurang lebih dua jam. (win)

Berita Terkait:
Kukar Wakili Indonesia dalam Chingay Parade 2004 (30/01/04)
Kukar Ikuti Chingay Parade 2004 di Singapura (12/01/04)


Penari LPKK dengan kostum penari Enggang saat berjalan menyusuri Orchard Road pada Chingay Parade 2004, Singapura, Sabtu (31/01) malam kemarin
Photo: FN65 / Joe Wongkar

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.