KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Mei 2004

Tingkatkan Potensi Wisata Pulau Kumala, Replika Candi Akan Dibangun

Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi YM Biksu Uttamo Thera pada acara presentasi Peningkatan Potensi Wisata Pulau Kumala

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 21/05/04 21:08 WITA
Pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala Tenggarong rencananya akan dilengkapi lagi dengan sebuah obyek wisata budaya berupa sebuah replika candi yang merupakan perpaduan antara Candi Mendut dan Borobudur dengan biaya pembangunan
sebesar Rp 12,98 milyar.

Demikian hal tersebut terungkap dari presentasi Peningkatan Potensi Wisata Pulau Kumala yang disampaikan Ketua Panitia Pembangunan Candi di Pulau Kumala YM Biksu Uttamo Thera, Rabu (19/05) lalu, di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Menurut Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, pembangunan replika candi ini memiliki makna yang penting yaitu di satu sisi akan mampu menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kumala, dan di sisi lain sebagai upaya untuk melestarikan peninggalan budaya leluhur bangsa Indonesia.

"Upaya pelestarian budaya leluhur perlu dilakukan dengan memberikan sentuhan kreativitas yang tinggi agar generasi masa kini tidak hanya menjadi saksi sejarah, akan tetapi sebagai pelaku sejarah," kata Bupati Kukar H Syaukani HR yang didampingi YM B Uttamo Thera.

Sementara itu, dikatakan  YM Biksu Uttamo Thera bahwa secara teknis pembangunan replika perpaduan antara Candi Mendut dan Borobudur dapat dilakukan di Pulau Kumala, Tenggarong.

Menurutnya, material pembangunan replika tersebut sebagian besar berasal dari alam. "Bahan bangunannya terutama batu-batu alam tersebut diukir sesuai dengan aslinya oleh para seniman yang didatangkan dari Jawa Tengah," ujar YM Biksu Uttamo Thera.

Sedang spesifikasi teknis dan bentuk bangunan replika candi, lanjut YM B Uttamo Thera yaitu pada dasar candi setinggi dua lantai/tingkat berbentuk teras Candi Borobudur, sedang aslinya Candi Burobudur memiliki 10 lantai/tingkat. Bangunan replika ini luasnya 18 x 18 meter dan tingginya 1,5 meter dari permukaan tanah.

Sedang pada lantai ketiga terdapat replika Candi Mendut dengan arca batu setinggi 3 meter. Selain itu disekitar bangunan replika candi juga akan dibangun kolam air, 8 mata air mancur, plasa dan wisma serta ruang serba guna. "Diharapkan dalam waktu 2 tahun bangunan replika candi ini dapat diselesaikan," demikian katanya. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.